
Submisi Karya Nasional merupakan salah satu acara dari Bulan Komunikasi 2022 yang mewadahi karya-karya keilmuan komunikasi dari seluruh Indonesia dengan tema “Humanity in the Information and Communication Technology Era”. Karya-karya ini pada akhirnya akan dipamerkan dalam pameran PRASASTI (Panggung Apresiasi Keilmuan Komunikasi) dan akan dibukukan dalam katalog karya digital.
Timeline
- Open Registration : 5 Agustus 2022
- Close Registration : 7 Oktober 2022
- Proses Kurasi : 8 Oktober 2022 – 8 November 2022
- Pameran PRASASTI : 16 – 20 November 2022
- Awarding Night : 26 November 2022
Benefit
- Karya akan dimuat dalam katalog karya digital
- E-sertifikat
- Karya yang lolos kurasi akan dipamerkan
- Plakat apresiasi untuk karya terbaik di setiap kategori
KETENTUAN UMUM
A. Ketentuan Pengirim Karya
- Pengirim karya adalah pelajar (SMA/SMK/MA atau yang Sederajat), mahasiswa, dan masyarakat umum se-Indonesia.
- Setiap pengirim karya dapat mengumpulkan karya maksimal 1 karya per kategori.
- Pengirim karya tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis).
- Untuk kategori Jurnalistik dan Karya 2 Dimensi, hanya boleh diikuti secara individu.
- Untuk kategori PR Campaign, Iklan, dan Newscasting, boleh diikuti secara berkelompok.
- Seluruh pengirim karya wajib mengisi dokumen berupa lembar pernyataan persetujuan publikasi karya yang dapat diakses melalui link berikut: http://bit.ly/LembarPernyataanOrisinalitasdanPersetujuanPublikasiKarya (lembar pernyataan tersebut dikirimkan bersamaan dengan pengumpulan karya melalui email : ilkomuny@gmail.com)
- Setiap pengirim wajib menaati peraturan yang telah ditetapkan.
B. Ketentuan Karya (Umum)
- Tema karya “Humanity in the Information and Communication Technology Era”.Karya merupakan karya orisinil pengirim karya. Boleh yang sudah dipublikasikan atau menjadi pemenang dalam suatu lomba.
- Karya tidak mengandung unsur Pornografi.
- Jenis karya yang dapat diajukan:
– Karya 2 Dimensi, berupa fotografi atau lukisan,
– Jurnalistik, berupa opini, in-depth reporting, straight news, resensi buku, resensi film, feature, atau photo stories.
– PR Campaign, berupa proposal kreatif beserta video presentasi.
– Iklan, berupa video dan poster
– Newscasting, berupa video pembacaan berita.
- Registrasi data diri (nama dan lembaga) dicantumkan dalam subjek email dan dikirim bersamaan dengan pengumpulan karya melalui email: ilkomuny@gmail.com
- Pihak Panitia Bulan Komunikasi UNY tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai karya yang dikirim apabila terjadi penuntutan kepemilikan/hak cipta yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi pengirim karya maupun pihak lain.
- Panitia Bulan Komunikasi UNY mempunyai hak untuk mempublikasikan karya dengan mencantumkan identitas pembuat karya melalui media sosial maupun media cetak.
TEKNIS PENGUMPULAN KARYA
- Pengumpulan karya berlangsung dari tanggal 21 Juli 2022 s.d. 7 Oktober 2022. Panitia tidak menerima karya yang dikirimkan melewati waktu tersebut.
- Pengumpulan karya dikirim melalui email: ilkomuny@gmail.com
*Catatan : Jika file berukuran diatas 25MB, peserta mengupload karya via Google Drive kemudian link dikirim ke email di atas.*
- Format penulisan nama file: Kategori Karya_Nama_Lembaga_Judul Karya
- Setelah melakukan submit karya dan mengisi dokumen lembar pernyataan persetujuan publikasi karya, peserta wajib melakukan konfirmasi sesuai dengan bidang karya yang disubmit dengan format Email Pengirim_Nama Pengirim melalui WhatsApp kepada CP bidang karya masing-masing sebagai berikut,
– Iklan : 0821 3522 2545 (Farhan)
– Karya 2D : 0858 0387 7572 (Fattah)
– Newscasting : 0898 5638 589 (Sarah)
– PR : 0831 4599 6415 (Dila)
– Karya Jurnalistik : 0812 2894 4082 (Mila)
KETENTUAN KHUSUS KARYA
A . Newscasting
Ketentuan:
- Tema yang diangkat yaitu “Humanity in the Information and Communication Technology Era”.
- Naskah berita disediakan oleh peserta.
- Peserta terdiri dari 3 orang, diantaranya 1 orang sebagai presenter, 1 orang sebagai reporter dan 1 orang sebagai narasumber.
- Peserta dapat mengenakan kostum sesuai dengan posisi masing-masing (Presenter, Reporter dan Narasumber).
- Peserta melakukan pengambilan video dengan posisi landscape.
- Peserta diperbolehkan membawa naskah berita saat pengambilan video.
- Peserta diperbolehkan berdiri atau setengah badan atau duduk asalkan ekspresi wajah saat membaca terlihat jelas.
- Peserta diperbolehkan menggunakan nama acara sesuai keinginan mereka.
- Peserta diizinkan menggunakan nama siaran/nama udara/nama alias saat melakukan pembacaan berita.
- Peserta boleh menambahkan backsound opening dan closing berita.
- Peserta diperbolehkan melakukan proses editing sesuai dengan kreativitas masing-masing.
- Durasi video peserta minimal 3 menit dan maksimal 5 menit.
- Karya video dikumpulkan dalam format (.mp4/.mov/.avi)
- Peserta menyerahkan soft copy naskah berita dalam format (.pdf/ .word)
- Karya yang telah dikumpulkan akan menjadi hak milik panitia.
- Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
B. Jurnalistik
Ketentuan:
- Karya yang dikirim harus sesuai tema yang diangkat yaitu “Humanity in the Information and Communication Technology Era”.
- Peserta memilih salah satu dari kategori yang tersedia (opini, in-depth reporting, straight news, resensi buku, resensi film, feature, photo stories).
- Untuk kategori photo stories, peserta dapat mengirimkan minimal 5 foto dan maksimal 8 foto yang kemudian disusun dalam bentuk power point.
- Peserta wajib memperhatikan format penulisan sebagai berikut:
– Diketik rapi dengan jumlah halaman yang ideal sesuai dengan karya yang ditulis
– Margin Kiri 4, Margin Atas, Kanan dan Bawah 3
– Menggunakan font Times New Roman dengan ukuran font 12, justify dan spasi 1,5
- Ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai PUEBI.
- Mencantumkan daftar pustaka, jika ada.
- Tidak duplikatif atau replikatif.
- Seluruh kategori karya jurnalistik (opini, in-depth reporting, straight news, resensi buku, resensi film, feature
- atau photo stories) dikumpulkan dalam format .pdf.
- Karya yang telah dikumpulkan akan menjadi hak milik panitia.
- Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
C. Iklan
Ketentuan:
- Iklan dibuat sesuai dengan tema “Humanity in the Information and Communication Technology Era”, dalam bentuk iklan layanan masyarakat.
- Karya berbentuk Iklan Audio Visual dalam format (.mp4/.mov/.avi).
- Jenis karya bebas, baik iklan komersial maupun non komersial.
- Peserta wajib mengirimkan poster iklan dalam bentuk pdf.
- Peserta wajib mencantumkan deskripsi iklan sebanyak satu paragraf.
- Durasi karya iklan maksimal 2 menit.
D. PR Campaign
Ketentuan:
- Peserta akan diberikan suatu kasus dengan tema “Humanity in the Information and Communication Technology Era” oleh panitia, kemudian peserta membuat sebuah video penyelesaian dari salah satu kasus berikut:
– Bayangkan Anda adalah seorang PR bagi sebuah perusahaan. Suatu hari, perusahaan Anda masuk ke berbagai hot news media dengan headline negatif dan menjadi sebuah topik yang sedang marak dibicarakan di berbagai platform media sosial. Hal ini dikarenakan salah satu karyawan perusahaan dimana Anda bekerja mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh HRD perusahaan tersebut. Publik sangat geram terhadap munculnya berita tersebut dan melalui berbagai media sosial yang ada, masyarakat berulang kali mengunggah berbagai bentuk postingan yang berisi komentar buruk terhadap perusahaan. Sebagai seorang PR di perusahaan tempat Anda bekerja, bagaimana cara Anda menyelesaikan permasalahan tersebut?
-Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan munculnya pemberitaan bahwa banyak perusahaan rintisan (startup) melakukan PHK secara besar-besaran. Hal ini disebabkan oleh munculnya fenomena bubbleburst, yaitu sebuah fenomena pertumbuhan ekonomi atau nilai pasar naik secara cepat, khususnya harga aset namun diikuti oleh penurunan nilai yang cepat atau kontraksi. Fenomena bubble burst disebabkan oleh lonjakan harga aset didorong oleh perilaku pasar yang tinggi. Munculnya berita ini membuat sebagian masyarakat kecewa, karena stereotype bekerja di perusahaan startup itu akan terlihat keren, serta dengan gaji yang besar bagi gen z. Akan tetapi, ekspektasi gen z tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya (di-PHK dalam waktu dekat), yang mana hal ini menimbulkan rasa kecewa. Akibatnya kejadian tersebut banyak memunculkan headline berita negatif tentang perusahaan startup. Jika Anda diposisikan sebagai PR perusahaan startup, dengan memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang ada saat ini, langkah apa yang akan Anda ambil dalam menangani berita negatif yang beredar. Guna mengembalikan citra positif bagi perusahaan Anda.
- Durasi karya PR Campaign maksimal 15 menit.
- Karya PR Campaign yang diserahkan berupa proposal kreatif beserta video presentasi.
- Proposal dikirim ke panitia dalam format (.pdf/.word).
- Format dan resolusi video PR Campaign (format : MP4 resolusi : 1280 x 720).
E. Karya 2 Dimensi
Ketentuan Fotografi:
- Peserta memilih salah satu jenis fotografi yang sudah ditentukan (human interest, street, dokumenter, jurnalistik, portrait).
- Foto dapat diambil dengan segala jenis kamera (DSLR, pocket, mirrorless, handphone, dll) dengan ketentuan resolusi minimal 3200 x 2400 pixel.
- Karya fotografi dapat dalam bentuk vertikal ataupun horizontal dengan rasio 16:9, 4:3, atau 1:1.
- Karya fotografi diperkenankan berwarna maupun hitam putih.
- Foto tidak mengalami proses editing, editing sebatas leveling dan saturation tanpa mengubah keaslian subjek.
- Karya fotografi diunggah dalam format (.jpg).
- Peserta dimohon untuk membuat deskripsi foto sebanyak 150-200 kata.